Baksos @SMADA hari Minggu 18 juli 2010


miopia
Kelaianan refraksi adalah suatu keadaan dimana sinar-sinar sejajar yang masuk ke dalam bola mata dibiaskan oleh media refraksi mata, bayangan jatuh tidak tepat di retina. Hal ini menyebabkan pengelihatan seseorang menjadi terganggu, mulai yang ringan dengan keadaan sedikit kabur sampai yang berat yaitu hanya dapat melihat dalam radius beberapa meter di depan mata. Kelainan refraksi dibagi menjadi 3, yaitu miopia (rabun jauh), hipermetropia (rabun dekat) dan astigmat.





hipermetropi
Tetapi tidak semua pengelihatan yang terganggu itu disebabkan oleh kelainan refraksi. Karena selain kelainan refraksi, terganggunya pengelihatan juga dapat disebabkan adanya virus, bakteri dan juga karena adanya kelainan organik yang diderita. 

katarak
Katarak adalah salah satu penyebab terganggunya pengelihatan, yaitu suatu keadaaan dimana terjadi kekeruhan pada lensa mata. Katarak menduduki rangking pertama penyebab kebutaan yang terjadi di Indonesia. Katarak di bagi menjadi beberapa stadium. Insipient, matur dan hipermatur.
 

dr. Armanto
Seorang dokter spesialis mata pada hari minggu 18 Juli 2010, mengadakan bakti sosial pemeriksaan mata gratis kepada masyarakat umum. Khususnya kepada penderita katarak. Bakti sosial tersebut belangsung di SMAN 2 Surabaya (SMADA). 

Beliau adalah dr. Armanto Sidohutomo SpM, seorang dokter spesialis mata dengan pembawaan yang menyenangkan dan ramah terhadap semua orang. Beliau juga merupakan dosen di AROS (Akademi Refraksi Optisi Surabaya) yang sangat baik terhadap semua anak didiknya. Selain itu, beliau juga merupakan pemilik sebuah klinik mata yang berada di Jl. Barata Jaya Surabaya. Klinik mata dengan nama klinik mata Tritya. 
tim sukses baksos
Pada saat baksos kemarin, beliau tidak sendirian. Beliau melibatkan semua karyawan karyawatinya di klinik mata Tritya, selain itu beliau juga melibatkan pengusaha optik dan bahkan beliau juga membawa mahasiswanya dalam acara bakti sosial tersebut yang disebut tim sukses baksos SMADA . Sebelum bakti sosial. Beliau mengumpulkan semua pasukannya (tim sukses baksos SMADA) untuk dibrefing agar lebih siap dalam baksos tersebut.

mahasiswa AROS


Dalam baksos kemarin dibagi menjadi beberapa step. Step pertama adalah regristasi, step kedua adalah pemeriksaan refraksi. Beliau, mempercayakan step kedua ini, untuk pemeriksaan refraksi kepada mahasiswanya. Selanjutnya step ketiga adala pemeriksaan lebih lanjut yang dilakukan oleh karyawan-karyawatinya yang selanjutnya diperiksa sendiri oleh beliau sendiri.

pemeriksaan
mahasiswa AROS









Bagi mahasiswa AROS, baksos kali ini merupakan kesempatan yang langka untuk didapatkan. Dan kami sangat senang dengan acara baksos ini. Dalam baksos tersebut, pemeriksaan mata dilakukan kepada semua lapisan masyarakat. Mulai masyarakat umum, pelajar, pekerja, mahasiswa dan juga anak-anak. Baksos yang dimulai tanggal 18 Juli 2010 dari pukul 09.00 WIB dan berakhir pada pukul 13.00 WIB berjalan lancar. alhamdulillah !
0 Responses