Katarak

Pembicaraan mengenai Katarak sangat luas sekali, sehingga dalam posting mengenai katarak mungkin ada beberap bagian.
Anda mungkin telah menjumpai orang di sekitar anda yang mengalami katarak, sudah operasi katarak atau bahkan ada yang sampai katanya operasi dua kali.
Katarak dalam arti bebasnya adalah suatu keadaan dimana lensa mata yang tadinya bening dan jernih itu menjadi keruh. Anda bayangkan seperti kaca jendela yang tidak pernah di bersihkan maka akan keruh atau ‘buthek’ bahasa jawanya, nah kalo mau di pakai lihat yaaa nggak jelas.
Penyebab katarak yang paling banyak adalah karena usia tua, jadi boleh di kata kalo udah tua memang banyak berkurang nikmat ini, termasuk mata. Jika karena usia yang udah tua maka keadaan ini di sebut katarak senil
Ada juga yang di jumpai sejak lahir, dan ini di istilahkan Katarak Kongenital biasanya hal di sebabkan oleh virus rubela yang ada pada ibu yang hamil muda.

Selain itu bisa di sebabkan karena trauma, atau kecelakaan yang mengakibatkan kerusakan pada mata atau lensa matanya dandi kenal dengan istilah Katarak Traumatik
Mungkin sesorang selain katarak juga ada penyakit tertentu misal Diabetes, nah sebenarnya pemicu kataraknya adalah diabetesnya dan di kenal dengan Katarak Diabetika atau Katarak Komplikata, penyakit yang lain yang bisa mengakibatkan katarak baik langsung maupun tidak yang lain adalah glaukoma, penyakit di retina.
Perlu di ketahui katarak itu tidak menular, jadi bisa jadi mata kanan katarak yang kiri tidak dan sebaliknya.
Nah, selanjutnya untuk keluhan dan gejala serta cara mengobatinya akan di bahas di posting selanjutnya yaaaa, insyaAllah. 

3 Responses
  1. Anonim Says:

    sitd ,
    coba tambain gambar mata yg gg ada kataraknya ma mata yg ada kataraknya ..
    heheh
    buat ngebandingin .. :)


  2. rasidd Says:

    trima kasih irma .. selanjutnya akan diperbarui lagi . tggu saja . thx


  3. Anonim Says:

    sitd ..
    lengkap kali sebut nama saia --a